Mampukah Payung Melindungi Kulitmu | Antisipasi Sinar UV | Bahaya Sinar UV

LSA
0
Ampuhkah payung melindungi kulit


 dari


 Sengatan Matahari ?



Saat berada di pantai mata anda akan disuguhi hamparan pasir dan air laut  yang indah. Bagi anda yang rumahnya berada dikawasan dingin pastinya saat merasakan sengatan matahari di pantai akan menambah kenikmatan tersendiri. Tak heran jika banyak para turis asing atau bahkan anda sendiri berjemur di bawah terik matahari dengan hanya tertutupi payung.


Hal ini menjadi moment paling menyenangkan karena kulit akan terlihat lebih eksotis. Banyak para turis asing yang lebih menyukai kulit eksotis. Berbagai macam cara dilakukan. Meski tubuh terasa panas karena sengatan matahari rupanya tidak menghentikan mereka untuk berjemur di bawah lindungan payung . Bagi para wisatawan banyak menganggap bahwa payung sudah mampu melindungi kulit dari sengatan matahari. 

Hingga tidak menghiraukan bahaya dari zat akibat sengatan matahari yang menyerang kulit. Kulit merupakan sebuah perantara tubuh yang banyak memiliki peran. Tentu saja bagian tubuh yang pertama kali terkena zat diluar adalah kulit. Meskipun ada banyak lapisan kulit namun tidak ada salahnya jika anda melindunginya dari sengatan matahari . Jika dibiarkan terlalu dibawah sinar matahari juga tidak terlalu baik untuk kesehatan kulit.
Lantas apakah tubuh terbebas dari UV dengan berteduh di bawah payung ?

Beberapa ahli melakukan uji klinis yang dilakukan secara acak dan mampu melihat adanya efektivitas naungan dari payung yang ada gunakan jika dibandingkan dengan tabir surya sebesar SPF 100 ( kurang lebih 1 detik ). Ada 81 % para wisatawan yang menghabiskan watu sekitar 3 ½ jam dengan dipersenjatai payung dan hanya menggunakan tabir surya.

Banyak peneliti menemukan adanya kekalahan 78% peserta biasanya mencari tempat untuk berteduh dibawah naungan payung  untuk menjaga terbakarnya sinar matahari. Sisanya membiarkan tubuhnya tersengat sinar matahari.

Meskipun hanya tertutupi payung para ahli terus menerus memantau dan menyarankan  agar mengurangi paparan secara langsung dari sengatan matahari. Payung hanya tidak efektif digunakan untuk menghalangi radiasi UVB yang biasanya langsung mengenai tubuh. 

Penelitian juga membuktikan bahwa Skin Cancer Foundation dan dermatologist di berbagai belahan dunia telah memberitakan adanya pendekatan yang multi- focus agar terlindungi dari sengatan matahari. Ada beberapa cara agar terhindar dari UVB seperti menggunakan  tabir surya, menjauhkan kulit dari sengatan matahari dalam selang waktu yang lama, menggunakan pakaian pelindung dan berteduh.

Hal yang lebih penting menyatakan bahwa SPF 100 tabir surya semacam jenis yang biasa digunakan dalam penelitan , pada dasarnya tidak lebih protektif dari formula yang digunakan setengah nilai dari SPF. Bahkan dalam penggunaan SPF 50 sunblock tabir surya ada 98 % dari radiasi UV.




Tags

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Post a Comment (0)