Dhasyatnya Sholat Tahajud Bagi Wanita | Sholat Tahajud Yukk !!!

LSA
0
Dhasyatnya Sholat Tahajud Bagi Wanita


Hampir semua orang jika sudah tertidur lelap apalagi dengan rasa ngantuk yang luar biasa pasti rasanya malas untuk terbangun. Seperti halnya sholat tahajud. Salah satu sholat sunnah yang begitu banyak keutamaannya namun sulit untuk dilakukan adalah sholat tahajud. Hampir semua orang memiliki keinginan untuk beranjak dari tempat tidur dan berwudhu . Rupanya belenggu syetan sangat ampuh 

hingga menjerat niat yang baik . Sholat tahajud sangat baik dan memiliki banyak manfaat dalam segala aspek kehidupan. Tidak hanya untuk beribadah kepada Allah Swt saja . Namun juga sangat baik jika dilakukan dengan penuh istiqomah. Apalagi untuk kum hawa pastinya akan memberikan manfaat yang luar biasa. 

 Imam Mujahid berkata :" Sesungguhnya dijadikannya sholat malam sebagai ibada tambahan bagi Rasulullah, karena dosa-dosa beliau sudah diampuni. Sedangkan bagi umatnya merupakan sholat penebus dosa - dosa mereka. (Tafsur Ibnu Katsir, 103/ 5 maktab shamelah ) .

                Rasulullah saw adalah hamba yang dekat dengan Allah Swt. Jadi , Bila beliau sholat tahajud bukan lagi untuk melebur dosanya . Namun hal ini dilakukan sebagai rasa syukur kepada Allah swt yang telah memberikan nikmatnya dan penghambaan diri seutuhnya.

              Shalat tahajud adalah sarana meraih keridhaan Allah , suatu amalan yang dicintai para malaikat dan para nabi. Ibadah ini dapat memancarkan cahaya pengetahuan, memperkuat dasar keimanan dan menyehatkan tubuh. Ibadah ini juga bisa menjadi perisai dari serangan musuh, sebagai sarana terkabulnya doa dan masih banyak lagi keutamaan lainnya. Semua itu bisa diraih di sepertiga malam terakhir. 

         Allah turunkan di sepertiga malam terakhir, maksutnya adalah Dia membuka kesempatan seluas - luasnya manusia. Dia menanti mereka yang bangkit dari tempat tidurnya lalu tegak menunaikan shalat dan sujud merendahkan diri. Perbuatan itu merupakan sebuah bukti cinta dan kerinduan mereka kepada Tuhannya.

            Bisa dikatakan , shalat Tahajud merupakan ritual ibadah untuk membuka pintu langit . Allah sangat memperhatikan munajat dan doa yang kita panjatkan.

              Shalat tahajud itu adalah media komunikasi yang paling efektif . karena shalat ini dilakukan di tengah malam, ketika kebanyakan orang sedang tertidur lelap. Dalam kondisi seperti itu kita dapat dengan mudah berkonsentrasi , menyatukan hati dan lisan dalam berdzikir. Kita dapat dengan mudah merenungkan ayat -ayat al Quran yang dibaca di saat shalat.

            Dan sesungguhnya shalat tahajud juga dapat membuat kita sehat. Ketika itu kita menghirup oksigen terbaik di muka bumi ini. Daya spiritual kita juga semakin meningkat, sebab saat itu batin kita dekat dengan Allah . Doa kita terjawab langsung olehNya. Perasaan kita menjadi senang sebab semua beban hidup tertumpahkan kepada Allah Yang Menguasai Kehidupan. 

 Lantas apa saja keutaman dari sholat tahajud ?


Kami akan mengupas satu persatu tentang keutamaan sholat tahajud khususnya bagi kaum hawa . Mari anda simak ulasan berikut .

Keutamaan Shalat Tahajud


1. Tahajud Bukan Ibadah Biasa  

Shalat Tahajud adalah ibadah yang langsung turun dari Allah Swt. hal ini berarti kedudukan shalat tahajud hampir sama dengan kedudukan shalat wajib. Dalam suatu riwayat dijelaskan bahwa, Dimana Rasulullah saw berkata andai saja sholat tahajud tidak memberatkan umatku akan ku wajiban mereka untuk melaksanakan shalat tahajud. 

Rasulullah sendiri mengerjakan shalat tahajud lebih dari sekedar kewajiban. Dalam satu riwayat diceritakan , Aisyah pernah mendapati kaki Rasulullah bengkak karena mengerjakan shalat malam. Aisyah berkata  : ' Mengapa engkau melakukan semua ini , padahal dosa -dosamu sudah diampuni ? ' Nabi menjawab " Salahkah aku jika ingin hamba yang pandai bersyukur ?"

Shalat tahajud bukanlah ibadah orang biasa, ia adalah ritual khusus orang - orang bertakwa, calon penghuni surga." Sesungguhnya orang - orang bertakwa itu berada dalam taman - taman ( surga ) dan mata air - mata air , sambil menerima segala pemberian Rab mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang - orang yang berbuat kebaikan . Didunia mereka sedikit sekali tidur di waktu malam . Dan selalu memohon kan ampunan di waktu pagi sebelum fajar." QS. Adz Dzariyat 15 - 18.

 2. Mengantarkan Doa Ke Langit

Wanita itu mempunyai berbagai macam peran dan tugas. Ia rentan terhadap masalah. Jika menghadapi suatu problematika hidup, wanita seringkali mengedepankan perasaan dan mengabaikan akal sehat. Inilah kelemahan dari seorang wanita.

Tujuan utama berdoa adalah memohon kepada Allah swt. agar Dia berkenan memenuhi kebutuhan - kebutuhan hidup, menghilangkan malapetaka dan memberikan keberkahan. Berdoa juga merupakan manifestasi dari ibadah., ia adalah wujud ketergantungan hati, kefakiran raga dan keikhlasan kepada Allah swt.

Berdoa merupakan implementasi iman bahwa Allah itu Maha Kuasa, tidak ada satupun yang dapat melemahkaNya , Maha Mengetahui, tidak ada yang tersembunyi darinya, Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Maha Hidup lagi terus menerus mengatur makhluknya, Maha Pemurah lagu Maha Mulia.

Sholat tahajud merupakan media yang ampuh untuk menghantarkan doa kepada Allah. Doa apa saja, yang penting mengandung kebaikan pasti dikabulkan.
Tidak hanya Allah yang "turun" para malaikat juga turun untuk mendengarkan serta mengamini doa yang dihantarkan melalui shalat tahajud.

Diterangkan dalam sahibul hikayah, bahwa tersebutlah seorang menteri Baghdad merampas harta benda seorang wanita tua. Wanita itu menangis memprotes kekejaman sang menteri.Tapi menteri itu tak menghiraukan . Ia tak sikapnya yang dzalim itu.

Wanita tersebut kemudian mengancam ," Jika engkau tidak menyadarinya juga, aku akan memohon kepada Allah agar engkau celaka." Menteri itu malah tertawa terkekeh - kekeh dan mengejek," Berdoalah di epertiga akhir malam ?" Wanita itu pun pergi meninggalkannya.

3. Ahli Tahajud Wajahnya Bercahaya

Orang yang menggunakan waktu malamnya untuk bermunajat dan siangnya untuk aktivitas positif , maka wajahnya tampak berwibawa dan anggun. Aura positif memancar dari dirinya . Kesalihannya tampak jelas pada wajahnya. Diterangkan bahwa Rasullah saw. pernah bersabda , " Barangsiapa  yang mendirikan shalat tahajud , maka wajahnya akan tampak elok di siang harinya.

Cahaya tahajud tidak hanya menerangi pelakunya , tapi juga menerangi orang lain. Cahaya itu ibarat bola lampu yang mampu menerangi kegelapan . siapapun yang memandangnya mendapat energi positif yang bisa menggerakkan tubuh untuk berbuat baik. 

Seorang wartawan senior yang juga filosof Amerika Serikat , Carlsen , merasa terkagum kagum ketika melihat wajah Ayatullah Khomeini (pemimpin spiritual Iran) sewaktu keluar dari pintu pesawat yang membawanya dari pengasingan di Perancis. Khomeini dikenal sebagai tokoh ulama Iran yang memiliki kharisma luar biasa, mengalahkan Presiden Iran yang dipilih oleh rakyat ketika itu. Diantara kebiasaan Khomeini adalah istiqamah tahajud dan membaca Al - Quran.

Alangkah bahagianya hidup ini jika kita selalu mendapatkan cahaya ilahi yang mampu menerangi batin kita sekaligus menerangi orang lain, sehingga kita termasuk sebaik - baiknya manusia. Oleh sebab itu, jadikanlah shalat tahajud sebagai rutinitas harian karena amalan ini membuat kita dekat Allah dan dikagumi oleh manusia.


Setiap waktu di sepertiga malam terakhir ia selalu berdoa . Tak beberapa lama kemudian , menteri itu dimakzulkan , dan seluruh hartanya disita . Ia di ikan di tengah pasar dan dicambuk sebagai hukuman atas kejahatannya kepada rakyat. Pada saat itu si wanita tua lewat, dan melihat siapa yang di ikat. Ia berkata," Engkau benar, Engkau telah mengajurkan kepadaku untuk berdoa di sepertiga malam terakhir, dan terbukti sepertiga terakhir malam itu memeang waktu paling baik . "

Rasulullah saw, bersabda , " Apabila kamu berdoa , janganlah berkata," Ya Allah , ampunilah aku kalau Engkau Menghendaki, rahmatillah aku kalau Engkau Menghendaki, dan berilah aku rezeki kalau Engkau menghendaki," Hendaklah kamu memohon dengan kesungguhan hati sebab Allah berbuat segala apa yang  dikehendakinya dan tidak ada paksaan terhadapNya," HR. Bukhari dan Muslim .

3. Tahajud Sebagai Penyembuh

 Dalam tradisi Tao, waktu di sepertiga malam yang akhir itu terdapat energi " Yang " ( energi alam ) aktif dan mencapai titik optimal. Itulah sebabnya, para penganut Taoisme menggunakan waktu tersebut untuk berlatihChi Kung atau Taichi, yaitu menyerap energi Yang. efeknya , tubuh menjadi sehat, pikiran menjadi cerah dan hati menjadi tentram . hal ini yang sama dianjurkan dalam islam, yaitu melakukan shalat tahajud., dzikir dan tafakur. Tujuannya untuk mendekatkan diri pada Allah dan menyerap cahayanya sebagai sumber energi yang Maha dasyat.
Karena itu, shalat tahajud , dzikir dan tafakur di sepertiga malam memiliki implikasi yang sangat baik. Aktifitas itu dapat menyerap energi alam dan energi Tuhan yang sangta bermanfaat bagi kesehatan jasmani dan rohani.

Dengan melaksanakan shalat tahajud , kita akan mendpatkan manfaat ganda, sebagaimana sabda Rasulullah saw . " Shalat Tahajud dapat menghapus dosa, mendatangkan ketenangan dan menghindarka dari penyakit." HR . Tirmidzi.

Shalat tahajud dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh , sebab melatonin cukup efektif dalam proses menetralisir gugus OH yang menjadi sasaran dalam proses penghancuran radikal bebas yang menyerang tubuh, bahkan dalam beberapa riset di kabarkan lebih kuat dibandingkan antioksidan lain seperti vitamin E, C, selenium atau glutation.

Shalat tahajud membantu tubuh memerangi sel - sel kanker seperti kanker payudara , kanker prostate, Penyakit parkinson, dan jantung aritmia. Melatonin berperan mendorong aktifitas antioksidan secara optimal didalam tubuh sehingga mencegah kerusakan DNA akibat ulat zat - zat karsinogenik penyebab kanker dan memberhentikan mekanisme pertumbuhannya.


Berperan sebagai sistem alami yang mengatur masa penuaan tubuh, melatonin disebut sebagai hormon awet muda . Supaya kondisi awet muda tetap berjalan sesuai dengan tambahnya usia hidup, maka mempertahankan produksi melatonin agar sennatiasa optimal sangat penting.


4. Mudah Menjalani Hisab

Hari perhitungan amal atau yang dikenal " yaumul hisab" adalah salah satu proses peradilan akhirat.Perhitungan amal dilaksanakan dalam satu waktu , dan Allah sendirilah yang melakukannya. Rasulullah saw. dalam sebuah hadis menjelaskan,' Tidak ada seorangpun dari kalian kecuali akan diajak bicara Tuhannya tanpa ada penterjemah. Lalu ia melihat sebelah kanan , hanya melihat amalan yang pernah dilakukannya. Ia lalu melihat kekiri , hanya tampak amalan yang pernah dilakukannya. Lalu melihat ke depan yang tampak hanyalah neraka,'

5. Melepas Belenggu Setan

Setan selalu mengintai kita.Dia selalu mencari cara untuk menjauhkan kita dari kebaikan. Salah satu dari sekian banyak cara, diantaranya adalah " mengikat " kita saat tidur hingga menjadi berat untuk bangun lalu menunaikan qiyamul lail.

Tags

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Post a Comment (0)