Keunikan Bulan Ramadhan 2017 di Indonesia

LSA
0


Jangan Lewatkan Keunikan Ramadhan 2017 di Indonesia


Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah. Dimana hampir seluruh umat muslim di dunia menjalankan ibadah puasa secara serentak. Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah . Begitu indah dan sangat istimewa dibandingkan bulan yang lain. Selain melakukan ibadah puasa ada keunikan lain yang paling ditunggu di Indonesia. Mau Tau Keunikan Bulan Ramadhan lainnya yuk intip sejenak !!

1.       Acara Megengan


Acara ini merupakan menjadi kebiasaan bagi warga pedesaan di Indonesia. Dimana seluruh masyarakat desa berkumpul dengan membawa banyak makanan menuju masjid. Biasanya masyarakat meletakkan makanan di dalam tampah atau tempat kecil 2 dan berdoa bersama di dalam masjid yang kemudian saling di tukar antar warga. Kebiasaan ini terjadi hanya satu tahun sekali ketika satu hari menjelang bulan ramadhan.  Berbagai aneka jajanan dan masakan saling di tukar dengan tujuan menyambut bulan yang penuh berkah.

2.       Nyekar ke Makam




Nyekar adalah acara berkunjung ke makam kakek nenek atau keluarga yang sudah meninggal. Kebiasaan ini dilakukan setiap satu tahun dua kali yaitu menjelang bulan ramadhan dan menjelang hari raya idul fitri tiba. Biasanya para warga melakukan doa ke makam keluarga yang sudah meninggal dengan menabur bunga dengan diiringi bacaan yasin dan tahlil.

3.       Ngabuburit



Ini merupakan salah satu keunikan yang sering dilakukan ketika menjelang bulan ramadhan tiba. Ngabuburit adalah kegiatan menunggu waktu berbuka puasa dengan melakukan berbagai kegiatan yang positif. Anda bisa melakukan berbagai hal yang bisa anda kerjakan dan pastinya bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Ngabuburit bisa anda kerjakan bersama dengan teman , saudara, kerabat seperti membeli takjil untuk berbuka puasa dan membaca Al Qur’an.

4.       Buber Puasa



Buber Puasa adalah melakukan Buka bersama dengan keluarga, teman , saudara atau reuni bareng. Kegiatan ini biasanya dilakukan hanya di bulan ramadhan.  Melakukan buka bersama biasanya dijadikan ajang silaturahmi bagi masyarakat di Indonesia. Banyak orang yang melakukan kegiatan ini di Restorant atau tempat tertentu lainnya.

5.       Menikamati Buah Kurma



Buah ini merupakan Buah yang memiliki kandungan berjuta manfaat untuk tubuh. Selain itu juga mampu mengobati berbagai macam penyakit. Buah Kurma adalah buah  yang di sunnahkan oleh Nabi Muhammad ketika berbuka puasa.

6.       Kegiatan Membangunkan Orang Sahur



Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh anak – anak kecil untuk membangunkan orang sahur. Banyak anak – anak yang keluar dengan membawa berbagai peralatan alat music yang berasal dari penggorengan, panci, gallon dll. Kata yang paling popular di ucapkan adalah sahur .. sahur .. sahur dengan nada yang melekat di telinga kita semua.


Tags

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Post a Comment (0)